BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
a.
Program yang diadakan bagi siswa kelas 7 dan 8 adalah KOB ‘Spriritual
Journey’ ke Demak dan Yogyakarta. Karena yang lainnya mengunjungi objek
belajar, maka kami mengunjungi objek-objek yang ada di Bandung.
b.
Tempat bersejarah di Bandung masih berfungsi sampai sekarang hanya beralih
fungsi. Seperti Taman Hutan Raya dahulu berfungsi sebagai markas militer, sekarang
untuk tempat wisata. Dan kita dapat mengetahui sejarah dibangunnya objek wisata
tersebut
c.
Pembelajaran saat berada di dalam Gua Jepang maupun Belanda kurang maksimal
dikarenakan tidak adanya penerangan di dalam.
d.
Saat berada di dalam Museum Geologi sedikit bosan karena koleksi yang
monoton.
3.2
Saran
a.
Sebaiknya yang berkunjung di sekitar Bandung pun dibimbing seperti yang
berkunjung ke Yogyakarta
b.
Sebaiknya tempat bersejarah dirawat dengan baik agar generasi selanjutnya
dapat melihatnya dengan utuh
c.
Sebaiknya diberikan penerangan yang memadai di dalam gua
d.
Sebaiknya koleksi museum diperbaharui agar lebih bervariasi
3.3
Relevansi (keterkaitan objek yang dikunjungi dengan berbagai mata pelajaran)
A.
Masjid Raya Bandung berkaitan dengan pelajaran:
1)
Agama Islam mengenai materi Shalat Berjama’ah dan Shalat Rawatib
2)
IPS mengenai materi masuknya sejarah Agama Islam ke wilayah Jawa Barat.
B.
Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda berkaitan dengan pelajaran :
1)
PLH mengenai materi cara pelestarian hutan lindung.
2)
IPA mengenai materi Jenis-Jenis Tumbuhan
3)
IPS mengenai materi tentang
kependudukan Jepang dan Belanda di Indonesia khususnya di Jawa Barat.
C.
Museum Geologi berkaitan dengan pelajaran :
1)
IPS mengenai materi Struktur Tanah, Jenis-Jenis Batuan
2)
IPA mengenai materi Sistem Organ pada Manusia dan Hewan, Sistem Tata
Surya, Sumber Daya Alam (SDA)
0 komentar:
Post a Comment